Islam Mosque 2 YAYASAN KOTA AYAT: Refleksi 1 Tahun Bersama Anak Yatim
"Barangsiapa mengambil anak yatim dari kalangan Muslimin, dan memberinya makan dan minum, Allah akan memasukkannya ke surga, kecuali bila ia berbuat dosa besar yang tidak terapuni.( HR. Turmudzi)

Rabu, 29 Februari 2012

Refleksi 1 Tahun Bersama Anak Yatim

Satu tahun sudah KOTA AYAT melangkah bersama orang tua asuh dan anak yatim. Bermula dari ide sederhana untuk memberikan perhatian kepada Anak Yatim dan Terlantar secara kolektif agar beban untuk memberikan kasih sayang kepada anak yatim terasa lebih ringan.
Berkat kemudahan yang Allah berikan melalui terbukanya hati para tokoh masyarakat dan dermawan yang bersedia menjadi orang tua asuh, lembaga yang dimotori Danu Kurnia cs ini sudah mampu memberikan santunan rutin setiap bulan kepada 80 anak yatim dan terlantar serta memberikan beasiswa penuh kepada 4 orang anak asuh yang megikuti pendidikan di Pondok Pesantren Ulumul Quran, Parung, Depok dan Pondok Pesantren Darussalam, Cimanggis Depok.
Sejumlah perjanjian kerjasama pun dilakukan dalam rangka meningkatan kualitas pembinaan anak asuh maupun sosialiasi program kepada masyarakat. Tercatat Pengurus RW. 02, RW.09 dan RW.12 Kelapa Dua Wetan telah menjalin kerjasama dalam rangka penjaringan orang tua asuh di wilayahnya masing-masing. LP3I Course Center Cabang Cibubur, Pondok Pesantren Ulumul Quran dan Madrasah Diniyah Al Husna pun menandatangani perjanjian dengan KOTA AYAT dalam bidang pendidikan.
Kepercayaan publik kepada KOTA AYAT pun meningkat. Qatar Charity Indonesia, lembaga penyantun yang berpusat di Daha, Qatar ini pun berkenan melakukan kerjasama dalam kegiatan penyembelihan hewan qurban dengan menyumbang 1 ekor sapi dari 2 ekor sapi dan 1 ekor domba yang disembelih untuk didistribusikan kepada 80 anak asuh KOTA AYAT dan 300 orang kaum dhuafa di wilayah Kampung Baru, Kelurahan Kelapa Dua Wetan.
Pada tahun kedua ini, berpusat pada sebuah kontrakan kecil, di belakang Masjid Jami’ Al Mujahidin RW. 12 sebagai sekretariat dan Learning Center, Pengurus KOTA AYAT berkomitmen mengembangkan program bagi anak asuh berupa santunan kesehatan. Kerjasama dengan klinik sedang dalam pembahasan. Nantiya, ketika seorang anak asuh sakit, maka ia dapat berobat ke klinik yang dirujuk, gratis.
Pembinaan anak asuh juga semakin diintensifkan. Setiap bulan 2 kali pertemuan pembinaan dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang Islam. 
Program pokok yang dalam proses persiapan adalah pembukaan lapangan kerja, dalam bentuk pembentukan unit usaha yang diharapkan nantinya dapat pula memberikan kontribusi positif baik berupa kemandirian anak asuh yang sudah dewasa maupun pendanaan KOTA AYAT. 
Pengesahan badan hukum kini menjadi pekerjaan rumah bagi lembaga yang menghimpun dana dari 190 orang tua asuh dan dermawan. Dalam satu tahun ini dana yang terkumpul mencapai lebih dari 70 juta rupiah. 
Tahun kedua ini, diharapkan jumlah orang tua asuh bertambah sehingga anak asuh yang dapat disantuni KOTA AYAT juga bertambah banyak. Amin.